Rabu, 06 Juni 2012

Trik Setting Formasi Winning Eleven


Trik Setting Formasi Winning Eleven

Seting formasi sebelum memulai permainan itu penting.Sadarkah kita bahwa terkadang kita memakai formasi yang salah sehingga tidak cocok dengan apa yang kita rencanakan. Boleh jadi itu disebabkan kesalahan dalam mengaturnya atau mengeditnya. Kesalahan itu memiliki beberapa efek. Antara lain beratnya game playnya permainan sehingga semua pemain terasa begitu lambat, berat dan bola mudah direbut lawan. Efek lainnya berdampak kacaunya pertahanan yang mengakibatkan posisi pemain belakang keluar dari zona pressnya atau boleh dikatakan terpancing pergerakan lawan. Lalu efek lainnya saat kita menyerang, striker kita pergerakkannya mudah ditutup oleh back lawan sehingga bola mudah direbut. Sebenarnya masih banyak lagi efeknya pada formasi yang salah. Mungkin kamu memakai formasi favoritmu dan kamu rasa sudah cocok kerena sering menang melawan temen-temenmu. Apakah kamu tahu kalau temen-temenmu itu punya skill tinggi? Mungkin kamu menang karena memang temanmu punya skill rendahan. Tapi bagaimana kalau skill lawanmu tinggi? Jelas dijamin kalang kabut. Menurut pengalaman saya kesalahan itu berawal dari ketidak-fahaman menu formasi dan arti yang dimaksud. Saya dirubrik ini mencoba membantu menguraikan apa fungsi dan artinya. Karena banyaknya versi jadi saya memilih versi terbaru PES 2009 yang lagi marak buat lomba baik nasional maupun internasional. Tetapi meskipun demikian perbedaannya dengan versi lain PS2 nyaris tak berbeda. Bahkan ps3 hampir sama cuma sebagian beda tempatnya. Tapi bila sahabat WE ada yang belum faham silahkan bertanya dan pasti kita bahas permasalahannya.

1. Member change atau substitutions

Menu ini untuk mengganti pemain yang akan di turunkan di lapangan saat kamu berada dalam menu formasi. Apabila sudah dalam permainan menu ini akan berfungsi sebagai pengganti pemain yang baru saja bermain. Bila menu ini tidak dapat di pilih atau tidak dapat digunakan, berarti ada kesalahan yang kamu lakukan. Pertama, mungkin kesempatan mengganti pemainmu telah habis dari stock yang telah ditentukan sebelumnya. Kedua, bisa jadi misi permainanmu memang tidak boleh mengganti pemain seperti contoh pada pes 2008 di world tour. Ketiga, mungkin waktunya tidak tepat ketika kamu akan mengganti, jadi computer menutup menunya.

 1. Set formations.

Untuk menu ini terdapat 3 pilihan. Pertama, “Now in Use” yang artinya formasi utama yang dipakai saat ini. Kedua, angka-angka yang menunjukkan list  formasi. Ketiga, “Default” yang maksudnya formasi asli atau originalnya team yang sedang kita pakai saat ini. Bila kamu lebih masuk lagi maka kamu akan diberi pilihan aneka posisi pemain tengah. Selain ketiga menu diatas kamu juga bisa mengedit di menu ini pula dengan menekan tombol lingkarang.

2. Edit Posisi

Edit posisi adalah merubah posisi dari as`lnya. Kamu bisa menggeser semau kebutuhanmu yang kamu rasa cocok dengan permainanmu. Setelah menggesernya kalian akan diberi menu keterangan posisi pilihan yang memungkinkan. Tidak perlu banyak penjelasan di sesi ini tetapi kamu jangan lupa masuk di pada rubrik FORMASI.

 3. Team

Pada menu ini terdapat  9 menu lagi yang manfaatnya sebagai pendukung formasi utama. Meskipun demikian kamu jangan sembarangan menyusunnya karena permainanmu akan terasa ringan bila tepat menyusunnya.

Change Game Plan

Maksudnya ialah kamu bisa memilih strategy perintah dengan meletakkan icon tombol stick (¢ ˜ pÓ) sebagai tandanya. Lalu cara melancarkannya tombolnya dipadu dengan menahan L2 bila kamu memilih “Manual”. Cara ini sangat cepat sebagai pendukung serangan.Bila kamu memilih Balanced atau semi auto maka cara mengeluarkan hanya dengan menekan L2 saja dan lainnya  automatis oleh CPU. Cara  ini kurang cepat sebagai pendukung serangan, kamu  ingin penjelasan kirim saja pertanyaannya ke blog ini. Sebagian memang tidak saya jelaskan karena banyaknya  penjelasannya. Lalu bila kamu memilih Recommended atau full automatist artinya semua strategy perintahmu  akan dikeluarkan CPU hanya  bila dianggap perlu. Cara   ini termasuk sangat lambat. Sebagai catatan semua strategy perintah akan sangat mendukung formasi kamu. Tapi apabila ada yang salah maka akan terjadi 2 perintah yang  berbenturan lalu formasimu akan terasa berat. Lihat rubrik FORMASI. Lalu arti strategy perintahnya antara :

a        No Strategy : tanpa strategy

b        Center Att    : semua pemainmu akan lebih cenderung ketengah lapangan sebagai

                                  pendukung serangan tengah.

c        Right side Att : semua  pemainmu akan lebih cenderung ke kanan

d       Left side Att  : semua  pemainmu akan lebih cenderung ke kiri

e        Opp side Att   : semua pemainmu akan lebih cenderung ke sisi kanan dan kiri, jadi 

                                     seranganmu bisa dikatan di 2 sisi/serangan sayap.

f         Change side   : posisi pemainmu yang lini depan atau  tengah bersifat sayap akan pindah posisi ke posisi kebalikannya, dari ke kanan ke kiri dan yang kanan kekiri. Strategi ini sangat unik dan sering aku  pakai saat-saat tertentu. Kenapa unik? Karena saat back lawan sibuk menempel sayap kita tiba-tiba pindah  posisi. Bila back tersebut menempel ketat otomatis dia akan mengikuti sayap kita yang   lagi pindah. Jadi ada ruang kosong di pertahanan lawan.

g        CB Overlap  : pemainmu bagian belakang yang telah kamu pilih akan ikut maju menyerang. Jadi seranganmu akan bertambah deras. Tapi bila lawan counter maka kamu harus tahu bahwa backmu ada yang out potition.

h        Pressure / Zona Press   :  pemainmu bila di serang  lebih mengutamakan menjaga daerahnya masing-masing , cover lawan hanya dilakukan bila bola di dekatnya.

i          Counter Att   : lini depanmu akan siap menyerang cepat saat lawanmu telah kehilangan bola. Penyerangan ini juga akan diikuti lini tengah dan lini belakangmu. Jadi formasi utamamu harus seimbang dengan strategy ini. Bila tidak kamu bisa-bisa tak menyadari  saat diserang balik lini belakangmu out potition.

j          Off Side Trap   : ini adalah strategy jebakan off side. Kamu harus benar-benar ekstra hati-hati menggunakannya, karena bila timingnya tidak tepat maka jantung pertahananmu hanya mengharapkan keberuntungan kiper. Tapi sebaliknya bila di lakukan dengan tepat hasilnya jelas bagus.

k        Plan A   :  bila kamu punya cadangan formasi cadangan maka secara otomatis keluar seperti yang telah kamu ditentukan pada rencana A. Tapi bila tidak di isi biasanya formasi defaultnya.

l          Plan B    :   bila kamu punya cadangan formasi cadangan maka secara otomatis keluar seperti yang telah kamu ditentukan pada rencana B. Tapi bila tidak di isi biasanya formasi defaultnya.

Masih dalam menu Team

Strategi Plan A :  berisi mengatur formasi khusus untuk mendukung formasi utama.

Strategi Plan B : berisi mengatur formasi khusus untuk mendukung formasi utama.

Strategy plan A dan B merupakan trick istimewa yang akan dibahas khusus dihalaman tersendiri, tapi kalau kawan WE nggak sabar ingin bertanya maka akan saya jawab pokoknya/inti saja.

Team Strategy   :  menu ini cenderung ditujukan bagi pertahanan kita. Menempatkan  posisi semua back secara keseluruhan. Jadi pergerakan back bisa atur seperti apa yang kita perlukan saat defend maupun attack.

1.    Back Line : bagaimana mengatur pergerakan baris pertahanan terutama Back saat kita menyerang

A           :  baris pertahanan akan bergerak maju

B           :  baris pertahanan akan bergerak mundur seperlunya

C           :  baris pertahanan akan mundur sampai di sekitar depan gawang

1.    Off side Trap : bagaimana menerapkan strategy jebakan off side pada back (pertahanan)

A         :  baris pertahanan akan selalu aktif cari kesempatan menjebak offside

B         :  mencari kesempatan menjebak offside terkadang/ mendekati dibanding A

C         :  tidak mencoba  sama sekali untuk menjebak offside / tidak aktif

Attack/Defence     :  menu ini untuk mengatur pergerakan sebuah team secara keseluruhan dalam permainannya entah kita ingin bertahan atau menyerang. Pengaturan ini bisa ditentukan oleh CPU atau kita sendiri. Cara mengaktifkan L2 tahan lalu tentukan pilihan R1 menambah level serang dan R2 menurunkan level

Manual                  : pergerakkannya 100% kita yang  tentukan

Defensive              : pergerakkannya pertahanan di bantu CPU tetapi kita juga masih bisa merubahnya.

Balance                 : pergerakan antara defend dan attack diseimbangkan CPU tetapi kita juga masih bisa merubahnya.

Attack Minded     : pergerakan serangannya (attack) dibantu CPU tetapi kita juga masih bisa mengatur.

Recommended      : semua jenis pergerakan 100% diatur CPU

Mark Settings        :

1.    keep succesfull layers : menempatkan/cover khusus pemain terhadap lawan(pemain kunci/key)

2.    macro cancellation      : netralisir taktik diatas.

Set Piece Taker/kicker selec : memilih penendang sesuai jarak kebutuhan dan skill pemain

1.    long free kick             : tendangan jarak jauh

2.    short free kick            : tendangan jarak pendek

3.    left corner kick           : tendangan penjuru kiri

4.    right corner kick         : tendangan penjuru kanan

5.    penalty kick                : tendangan 11 meter

6.    auto setting                : cpu automatis memilih pemain yang sesuai dengan jarak dan skill pemain

Select Captain                   : kamu diberi kesempatan memilih captain dengan tanda ban di salah satu pemainmu. Terkadang captain bisa mendongkrak mentality individunya sendiri dan teman2nya.

Change Setting/modify sett :

1.    auto player change when play ; cpu otomatis akan mengganti pemainmu yang dirasa performanya menurun

2.    auto player position when  play ; cpu otomatis akan merubah posisi pemain yang sesuai dengan skill pemainmu. Setting 1 dan 2 punya hubungan yang signifikan.

Individual : perintah/command khusus tiap  pemain dalam merespon pertahanan ataupun serangan

1.    attack              : ada icon panah 8 arah yang untuk menambah sugesti pergerakannya, kamu hanya bisa memilih maksimal 2 arah panah lalu tekan  OK. ( strategy  ini hanya berlaku saat kamu menyerang ). Jadi pemainmu akan mengikuti arah panah selama kamu menyerang.

2.    defence           : ada icon panah satu arah tetapi memiliki 3 sistem daya geraknya. Panah pendek gerak pemainmu cenderung lambat membantu pertahanan. Panah sedang gerak pemainmu cenderung bergerak dengan kecepatan biasa/standart dalam membantu pertahanan. Panah panjang gerak pemainmu cenderung  cepat kembali pada pertahanan saat team kehilangan bola/diserang.

3.    mark settings   : perintah khusus untuk pressing lawan. Disini ada 2 type, normal pressing yang artinya pressing atau cover biasa dan aggressive yang artinya pressing dengan sifat lebih keras/aggressive tinggi.

4.    edit position    : kamu juga bisa merubah posisi atau mengedit selain di menu edit sebelumnya.

5.    role select        : kamu bisa merubah karakter lini tiap pemain. Misalnya dari CB ke LWB. Tapi kamu tidak bisa merubah CB jadi OMF atau CF karena CB adalah lini pertahanan/belakang sedangkan OMF lini tengah dan CF  lini depan/serang.

Data Manager : tempat kamu menyimpan/saving hasil otak-atik formasimu. Adasekitar 6 menu lagi disana

1.    copy data        : tempat meng-copy data formasimu

2.    eliminate all stock data  : menghapus data formasi

3.    save data : menyimpan data formasi ke memory card

4.    load data : mengambil data formasi dari memory card

5.    exchange data : memindah data dari player 1 ke player 2 dan sebaliknya.

Top Menu :  menu utama

1.    Exit                       : keluar untuk bermain

2.    Quick setting         : setting  cepat yang di atur Cpu

3.    Auto setting          : cpu akan menyarankan/memulihkan sistem permainanmu

4.    Manual Settings    : mengatur formasi secara manual

5.    f

Penjelasan Quick setting         : ada beberapa menu yang telah disediakan secara sederhana. Disana kamu akan menemukan 2 kolom menu lagi.

Kolom pertama :

1.    Attack                         : formasimu akan lebih cenderung menyerang

2.    Defend                        : formasimu akan lebih cenderung bertahan

3.    Central attack  : formasimu fokus pada serangan tengah

4.    Side attack      : formasimu cenderung serangan sisi

5.    Change side    : sisi serangan pindah di sisi lainnya

6.    Post play         : pemain fokus pada posisi default

7.    Pleace sweeper: seorang back akan menjadi sweeper. posisi sweeper tidak selalu terpaku pada zonapressnya, jadi dia terkadang ikut mendekati bola.

Kolom kedua :

1.    Keep layer successfully  : salah satu backmu akan melakukan pressing pada  pemain kunci lawan.

2.    Important player ability  : team akan cenderung menggunakan kemampuan non fisik

3.    Important player condition : team akan cenderung menggunakan kemampuan/kelebihan fisiknya

4.    Increase player attack : serangan akan di dibantu dari lini belakang

5.    Increase player defend  : pertahanan akan di bantu dari lini depan

6.    Change player with fatigue or wound            : cpu secara otomatis mengganti pemain yang drop/capai/cidera

7.    Auto subtisusi while playing  : pergantian pemain akan di kendalikan cpu saat dalam permainan

Confirm : untuk memastikan pilihanmu. Jadi setelah memilih menu untuk di contreng pilih yes pada Confirm

Suggestion : cpu akan memberi pilihan pada sistem permainanmu/ disarankan.

Menu Quick setting ini juga  sebagai alat untuk membuat formasi unik dan aneh. Pada pilihan dan pengulangan Confirmasi yang tepat akan menghasilkan formasi template yang hebat, unik dan aneh! Jadi pada menu ini pantas untuk dikupas tuntas!

Contoh  formasi unik :

1.    FORMASI 6 CB

o        4-4-2 /B1

o        jadikan 4 backnya CB semua

o        1 CF tarik ke tengah jadikan DMF

o        masuk quick setting lalu contreng DEFEND+INCREASE PLAYER DEFEND+PLACE SWEAPER

o        kalau menu quick setting ada yang tidak bisa dipilih kamu keluar formasi dulu, tapi nggak usah kick off, jadi sekedar liat menu start pertandingan” Refresh”. Trus masuk quick setting lagi.

o        pilih Confirm > yes 2 kali

2.    FORMASI 7 CMF/OMF

o        4-4-2/B1

o        back kanan kiri jadikan DMF jadi sisa 2 CB doang

o        masuk quick setting dan contreng DEFEND

o        kalau menu quick setting ada yang tidak bisa dipilih kamu keluar formasi dulu, tapi nggak usah kick off, jadi sekedar liat menu start pertandingan” Refresh”. Trus masuk quick setting lagi.

o        pilih Confirm  yes 2 kali

3.    FORMASI 6 CF

o        4-4-2 /B1

o        back kanan kiri jadikan DMF, sisakan 2 CB doang

o        ambil 3 pemain ditengah jadikan ketiganya CF, jadi jumlah CF didepan ada 5

o        kalau menu quick setting ada yang tidak bisa dipilih kamu keluar formasi dulu, tapi nggak usah kick off, jadi sekedar liat menu start pertandingan” Refresh”. Trus masuk quick setting lagi.

o        Contreng Attack doang trus Confirm yes 4 kali


Trik memperoleh kemenangan dengan mudah winning eleven 2011.trick beatdown, karena trick ini sama persis seperti teknik para pemain rugby/ american football setelah berhasil melewati  lawan, lalu ketika lawan berusaha mengejar kita dari belakang, pemain yang mengejar tersebut malah jatuh dengan sendirinya, hal ini sama dengan trik yang beatdown ini, bedanya cuma orang yang mengejar kita bukan jatuh tapi cuman berhenti mengejar kita tanpa perlawanan…caranya mudah…

o                                Setelah kalian berhasil melewati lawan di depan kalian, entah dengan bantuan R2 ato cuma dengan tombol arah atau bahkan dengan berlari, seketika setelah itu, pada waktu lawan kalian berlari dan hampir menyusul kalian, maka langsung tekan aja L1, INGAT  jangan ditekan terus L1. jadi cuma sesaat ketika lawan hampir menyusul kita,, jika lawan masih ingin merebut bola lagi, tekan aja L1 lagi tapi Jangan ditekan terus, kalau kalian tekan terus, bola kalian pasti direbut, dengan kata lain tricknya jadi tidak berfungsi Oke..mengerti khan…. nanti pasti lawan yang akan mengejar kalian itu akan berhenti tanpa  perlawanan, seperti kena ilmu hitam…

Eitts, tapi jangan senang dulu, setiap trick pasti punya kelemahan, kalo seumpama kalian menggunakan trick ini dengan benar  tapi bola kalian masih direbut, maka lawan  yang kalian lewati tadi pasti sedang On fire atau dengan kata lain kondisi nya sedang merah, biasanya lawan yang berkondisi On Fire ini agak merepotkan,,, meskipun stats abilitynya dibawah rata-rata sekalipun.. atau jika tidak karena kondisi nya , berarti lawan kalian yang kalian lewati tadi  mempunyai body balance yang jauh melambung tinggi diatas body balance kalian,, misalnya 95 keatas, jadi jika pemain kalian punya kelebihan di body balance, maka tidak salahnya menggunakan trick beatdown ini, sangat efektif koq, gue jamin…tapi bukan berarti pemain yang tidak punya kelebihan di body balance tidak bisa melakukan trick ini, masih bisa koq, cuman tidak segampang yang punya keistimewaan  di body balance nya.

Memperoleh kemenangan dari sayap

o                                ketika pemain sayap yang membawa sampai disudut lapangan daerah lawan, anda punya 2 pilihan :

1.                            langsung bisa kalian bawa bola menuju kotak penalti dan mencetak gol atau sekedar untuk mengobrak – abrik pertahanan lawan lalu memberikan bola ke pemain tengah yang berada di luar kota penalti untuk selanjutnya ditendang dengan first time shoot, atau

2.                            memberi umpan pemain depan yang nantinya akan dimasukkan bolanya dengan header bola yang menawan. Untuk melakukannya, tekan R2+O 2x (untuk pemberi umpan) lalu  seketika setelah itu lansung tekan R2+kotak untuk memasukkan bola, walaupun banyak defender lawan yang menjaga pemain kamu, jangan kuatir, karena pemain depan kamu masih bisa meng header bola dengan sempurna dan memasukkanya ke gawang lawan.

Oke langsung saja rahasianya….kunci dari teknik ini adalah

o                                ketepatan waktu atau timing… tapi bukanlah masalah jika kalian tidak bisa melakukan diving berdasarkan timingnya, misalnya kalian mendribble bola di kotak penalti lawan lalu ada lawan yang ingin merebut bola, kamu tinggal membelokkan bola tersebut, peluang berhasilnya diving dengan cara ini cuma 40%..

o                                cara lain yang jitu untuk mendapatkan diving adalah dengan strategy display kenapa saya bilang begitu, jika kalian dalam posisi menyerang(merah) lalu lawan kalian dalam posissi normal(kuning), maka diving yang kalian buat sebagian besar akan berhasil dengan mudahnya… karena inti dari strategy display menyerang adalah melakukan serangan dan mencetak gol dengan cara apapun itu termasuk dengan diving tentunya..hihihiy(hiruma eyeshield 21 style)

o                                cara yang lainnya adalah dengan tombol R2, tombol magis ini adalah tombol ajaib yang pernah ada di pes.. swentuhan-sentuhan magis kerap kali datang dari tombol R2 ini misalnya jika kalian merebut bola dari lawan kalian dengan tombol R2 ini, maka 95% pelanggaran tersebut bersih alias tanpa kartu… memang kurang effektif untuk merebut bola, namun jika berhasil bisa dipastikan lawan main kamu akan tercengang karena pelanggaran yang kamu lakukan yang menurutnya tergolong keras tidak digubris oleh wasit…

o                                Yang selanjutnya adalah teknik diving di kotak penalti… rahasianya adalah mendribble bola dengan trick yang kalian bisa misalnya marseille roulette, gaucho special trick, ato yang lainnya… lawan kamu pastilah akan langsung bertindak jika kamu melakukan trick di kotak penalti mereka yang notabene sangat berbahaya bagi mereka..coba saja ketika ada scrimmage di kotak penalti lawan.. jika lawan tidak mau mengambil resiko untuk merebut bola darimu, maka setelah melakukan trick kamu bisa langsung menendang bola dan mencetak gol atau memberikannya kepada pemain kamu yang free atau bebas dari penjagaan lawan, dipastikan akan gol bola itu…

o                                Untuk Teknik diving yang lain adalah dengan penjaga gawang, mungkin inilah yang paling sulit atau mungkin yang paling mudah bagi kalian karena peluangnya tidak lain adalah 50:50… untuk melakukan diving terhadap penjaga gawang, ketika kalian sedang berhadapan 1-on-1 dengan penjaga gawang saya sarankan jangan berlari jika keadaan memaksa anda untuk berlari maka lakukanlah trick ini dengan cepat yakni tekan tombol umpan (X) sesaat setelah penjaga gawan telah melakukan manuver untuk merebut bola dari kamu, jika berhasil titik putih adalah milik kalian, namun jika gagal misalnya terlalu cepat ataupun terlalu lambat, maka jangan kecewa coba lagi, nanti juga pasti berhasil, percaya dech.. yang penting INGAT : kalian harus tenang dalam arti lain begitu pula dengan kondisi emosi kalian.. jika kalian bisa mengendalikan emosi kalian, pasti hal ini bukanlah masalah yang berarti bagi kalian..

Jika kalian telah paham dengan trick-trick diving diatas, pastilah kalian ingin tahu bagaimana caranya untuk mengantisipasi teknik divingn itu sendiri, namanya juga manusia, selalu tidak pernah puass, jadi langsung saja Untuk mengantisipasi trick diving dari lawan adalah :

o                                usahakan merebut bola dengan tombol R2+X, karena R2 lah penyebab sekaligus penawarnya,

o                                jangan pernah menggunakan tombol R1 dan L1 secara bersamaan untuk merebut bola, biasanya ini jadi kebiasaan dikalangan gamers

o                                gunakan tombol Kotak untuk merebut bola diluar kotak penalti karena menggunakan tombol Kotak untuk merebut bola di kotak penalti terlalu beresiko.

o                                Untuk penjaga gawang, jika lawan kalian menghadapi diving dari lawan , secepatnya tekan tombol L1+Kotak untuk menetralisir diving lawan seperti yang saya terangkan diatas tadi. timingnya adalah lakukan secepat munkin tapi jangan terlalu cepat, bisa blunder nantinya,  main feeling aja, pasti berhasil.. tapi INGAT  jangan sombong, bukan berarti kalian tidak akan kemasukan bola. sebab trick ini hanya mengurangi 15% presentase lawan untuk mencetak gol, maka kalian harus selalu waspada, lengah sedikit akibatnya bisa fatal(kecolongan)…, tapi jangan kuatir dibuat rileks aja..

pertama-tama pilih menu team strategy di menu utama formasi, lalu pilik yang atas sendiri yakni change game plan namanya kalau gak salah, lalu setting ke auto game plannya di bagian sendiri, trus khan ada kayak tombol A1, A2, L2, A3, jika kamu benar memilik autonya untuk setting game plannya, karena dengan memilih auto anda tidak perlu banyak menekan tombol saat bermain karena akan berjalan secara otomatis… setelah itu yang A1, A2 dst tadi kamu taruh di :

o                                centre attack,

o                                opp. side attack, atau change side( untuk mengantisipasi adanya man marking  yang dilakukan lawan kamu pada salah satu pemain kamu)

o                                offside trap, dan yang terakhir di

o                                counter attack

,                        

untuk yang masih bingung berarti kalian termasuk orang yang malas mengexplore PES itu sendiri, karena game plan ini sudah ada semenjak winning eleven pertama kali muncul di PS One, untuk yang sudah familiar namun masih belum mengerti fungsinya pasti sudah mengetahui hal ini.

Untuk yang kedua di menu team strategy kalian pasti tahu ada menu dimana anda harus memilih A-C untuk back line maupun untuk offside trapnya, aku saranin jika memakai team papan atas ganti ke B semua.. jika kalian memakai team yang standart ubah ke A semua, baik untuk back line maupun untuk offside trapnya.. kenapa?, karena ini untuk tactic offside trap kalian, agar sering berhasil untuk menghentikan serangan lawan, para pro gamers saja kadang kala menjadikan trick ini untuk membuat pertahanan mereka tak terkalahkan, karena lebih effisien daripada harus menyuruh pemain belakangnya untuk merebut bola dari lawan yang notabene belum tentu berhasil. setelah itu tinggal kalian tambah dengan teknik strategy display.. dijamin ampuh deh..

Tips-tips memenangkan permainan…

1.                            sering-seringlah pakai tombol R2 untuk pertahanan kamu,.

2.                            jangan lupakan strategy displaymu, konsen ke strategy display nomor 1, fokus ke permainan nomor 2 (rahasia menguasai permainan)

3.                            tekanlah tombol memberi umpan, umpan lambung, ataupun umpan terobosan dan shooting lebih dari satu kali serta usahakan cepat.. ini berguna untuk menambah akurasi dan power untuk  umpan maupun tendangan kamu tadi.. coba saja kalau tidak percaya.

4.                            Untuk tendangan bebas usahakan memakai tombol kotak saja.. tanpa ada tambahan tombol lain kecuali untuk menajamkan tendangan yakni hanya ditambah tombok X atau segitiga ketika tendangan sudah dilontarkan, pake tombol R2 juga tidak apa-apa( hanya untuk yang pede akan kemampuanya menghandle tendangan bebas)

dan yang terakhir usahakan bermain dalam posisi tenang namun ganas dalam setiap serangan anda, dan usahakan jangan terlalu terburu-buru kecuali di dalam kotak penalti lawan, karena kadangkala banyak gamer yang terburu-buru di barisan tengah ataupun di barisan belakangnya yang berakhir dengan blunder untuk dirinya sendiri.. semua tips ini berfungsi untuk mengejutkan lawan main kamu serta mencegah kelengahan dalam pertahanan

bertahan yang bagus

o                                Pertama, untuk  memenangkan duel bola(bukan duel udara), kalian bisa menggunakan 4 opsi sesuai kemampuan pemain kalian :

1.                            dengan tombol R2+X atau +Kotak, ini cocok untuk merebut bola dengan mudah menggunakan pemain yang mempunyai body balance yang mumpuni plus technique yang diatas rata-rata agar duel yang kalian lakukan lebih efektif.. duel dengan tombol R2 ini dapat menghemat stamina kaliandan mngurangi presentase pelanggaran yang terjadi dalam merebut bola, namun jika lawan kalian menggunakan speed, maka kalian akan kalah dalam duel dengan memalukan(tipe permainan zone marking)

2.                            dengan tombol X, tekan aja berkali-kali untuk mendapatkan bola dengan mudah kalian bisa menggunakan pemain siapa saja khususnya pemaindengan sdeep yang bagus, soalnya ini yang paling gampang, untuk perebutan bola secara brutal, kalian bisa tambahin dengan tombol R1,  Tapi awas stamina kalian, kalo stamina pemain-pemain kalian dah habis dan pemain -pemain lawan masih lumayan staminanya, kalian bisa menjadi sasaran empuk lawan kalian, karena pemain-pemain kalian sudah seperti zombie yang mau pensiun… hahaha(ndagel sorry) ini adalah tipe permainan man-marking.

3.                            dengan tombol Kotak/wajik, ini jika lawan kalian sangat susah direbut, seperti bolanya tidak mau lepas dari kaki lawan kalian,, sangat menyebalkan memang apalagi tombol X pun tidak ada gunanya, biasanya lawan kalian menggunakan tombol R2 serta keahlian dribble accuracy dari pemain mereka, cocok untuk digunakan oleh pemain kita yang punya defence, speed dan technique yang diatas rata-rata,  kalian bisa tambahkan tombol R1 untuk mempercapat proses duel dan mendapatkan bola, tapi seketika setelah itu lansung umpan bola untuk menghindari  bola direbut kembali, karena dengan tombol R2, pemain lawan bisa dengan mudah mendapatkan bola kembali secara ajaib,..waspadalah-waspadalah…(bang napi)

4.                            Ini yang terakhir, yakni menggunakan tombol L1+X/kotak,  ini adalah yang paling efektif dalam perebutan bola jika kalian menggunakan pemain yang mampunyai body balance yang diatas rata-rata, semisal drogba,,, kalian bisa seperti belut di barisan pertahanan lawan kalian…namun waspada jika lawan menggunakan tombol Kotak, karena kadang-kadang tombol kotak bisa menjadi ancaman sewaktu-0waktu, tapi tidak begitu berbahaya, apalagi jika kalian mempunyai body balance yang luar biasa.

o                                Untuk Duel Udara kalian bisa menggunakan tombol L1+X/Kotak, jika kurang efektif tambahkan tombol R2 untuk memperbesar presentase kemenangan duel udara kalian.. dan tentu saja harus dengan menggunakan pemain kalian yang punya tinggi , header stats serta jump stats yang bagus…

New chip shot, caranya pun sangat, namun efeknya sangat memalukan.

1. saat anda berhadapan dengan penjaga gawang, shooting saja seperti biasa, tapi ingat power barnya jangan banyak-banyak.

2. inilah kuncinya, jadi setelah anda menekan tombol shooting tadi, yakni tombol kotak, setelah itu langsung tekan L1, maka yang tadinya dianggap tendangan biasa oleh penjaga gawang lawan, akan berubah menjadi tendangan chip shot yang cantik, dan penjaga gawang pun tidak akan bisa berkutik lagi dengan berusaha menggapai bola yang tidak akan pernah bisa di gapai.

jadi intinya kalo chip shot biasa adalah L1+kotak, maka diving chip shot ini kebalikannya yakni, Kotak+L1. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

o                                Untuk tendangan pojok : seketika sebelum lawan bersiap-siap menendang bola, lansung saja tekan tombol “select” kemudian X+kotak secara bersamaan, setelah lawan menendang bola dan para pemain depan lawan  bersiap melompat untuk menanti bola, langsung tekan L1/R2 + Kotak kearah yang berlawanan dengan gawang kita.

o                                Untuk tendangan bebas: nah untuk tendangan bebas tombol yang di tekan lebih complex lagi, sama seperti untuk tendangan pojok tadi, yakni sebelum lawan menendang bola, langsung tekan tombol “select” lalu X + Kotak secara bersamaan, ditambah lagi tombol lingkaran dan segitiga, dan setelah itu  langsung tempatkan salah satu pemain belakangmu mundur ke sudut gawang di sebelah kipermu sebagai  kiper kedua untuk mengantisipasi jika  sang kiper  tidak bisa menjangkau bola. Kemudian setelah lawan menendang bola, langsung  tekan L1+segitiga bersamaan, maka kamu akan melihat full action dari kiper kamu dengan indahnya.

1.                            “Mendahului”, lebih cepat lebih baik. Itulah kunci pertama, jadi jika ada bola lepas dan anda dan lawan anda hendak merebutnya, maka cepat-cepatlah menekan tombol X, hal ini juga bisa diterapkan untuk umpan terobosan atau pun crosing dan tendangan, inilah salah satu cara untuk memenangkan ball possesion dalam permainan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar